HMI Cabang Cianjur Kritisi Sekolah Gratis (Pelita)

HMI Cabang Cianjur Kritisi Sekolah Gratis
[Nusantara]

HMI Cabang Cianjur Kritisi Sekolah Gratis

Cianjur, Pelita
Ditengah-tengah gencarnya Sekolah Gratis, rasanya di Kabupaten Cianjur, Jabar, sangat sulit dilaksanakan, karena masih ada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri yang membebankan murid membeli buku mata pelajaran dari pihak sekolah.
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kabupaten Cianjur, sangat mengritisi kejadian tersebut. Pertanyaannya, apakah BOS (Biaya Operasional Sekolah-Red) tidak cukup, untuk membiayai pengadaan buku di sekolah? kata M Herry Wirawan Ketua HMI Cabang Cianjur kepada Pelita, Selasa (21/7).
Menurutnya, kejadian itu, harus disikapi oleh pihak-pihak terkait, dan Dinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Cianjur harus bertanggung jawab atas kejadian ini sebagaimana yang terjadi wilayah Kecamatan Cipanas, dan ini membuktikan lemahnya pengawasan dari Diknas terhadap sekolah-sekolah.
Hal itu, tambah Herry, juga membuktikan kepedulian Pemkab Cianjur dan DPRD masih lemah terhadap dunia pendidikan Apa artinya, spanduk sekolah gratis yang terpampang di berbagai sekolah, jika masih terjadi hal seperti itu, tegasnya.
HMI Cabang Cianjur, mendesak Diknas, DPRD, Pemkab dan Dewan Pendidikan (DP) untuk bertindak dan melakukan langkah-langkah nyata. Sehinga tidak terjadi lagi pihak sekolah membebankan murid untuk membeli buku mata pelajaran dari pihak sekolah.
Prihatin
Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Cianjur, Ujang Awaludin, merasa prihatin atas kejadian tersebut, karena ditengah-tengah kampanye Sekolah Gartis masih ada sekolah yang membebani murid untuk mmbeli buku mata pelajaran dari sekolah.
Kami sangat menyesalkan kejadian ini, dan boleh jadi ini akibat lemahnya pengawasan dari Diknas dan Pemkab Cianjur, hal ini harus ditindaklanjuti sesegera mungkin oleh Diknas, walaupun kesannya pembelian buku ini sukarela, tegas Awaludin.
Dia mengharapkan pihak sekolah mengoptimalkan BOS buku, agar beban masyarakat dapat lebih ringan dalam menyekolahkan anak-anaknya di tingkat SD, sejalan dengan Program Sekolah Gratis, jangan hanya slogan-slogan sebagaiamana yang terpampang pada sejumlah spanduk. (man)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: